Dunia Teknologi adalah blog yang membahas tentang perkembangan dunia teknologi terkini

HARDWARE PENDUKUNG AKSES INTERNET

Pada artikel ini saya akan membahas tentang hardware pendukung akses internet. Terciptanya internet telah membawa perubahan yang sangat berarti dalam berbagai aspek kehidupan manusia. Agar dapat mengakses internet sebuah komputer tentunya membutuhkan hardware. Tanpa adanya hardware-hardware tersebut sudah tentu kita tidak dapat mengakses internetnya.

Hardware Pendukung Akses Internet
Hardware Pendukung Akses Internet


Berikut ini adalah Hardware Pendukung Akses Internet di antaranya :

1. Komputer

Komputer merupakan perangkat yang paling utama untuk dapat mengakses internet. Dengan menggunakan komputer, kita akan dapat mengakses atau dapat melihat keluaran dari akses internet. Tidak semua dapat digunakan untuk mengakses internet. Untuk dapat mengakses internet, diperlukan spesifikasi minimal yang harus dipenuhi. Kemampuan atau spesifikasi komputer yang diperlukan meliputi :
  • Kemampuan processor : Minimal 60 MHz atau setara dengan kemampuan processor pentium I.
  • Kemampuan memori : Untuk mengakses internet diperlukan kapasitas harddisk minimal 3,2 GB.
  • Kemampuan monitor : Monitor berbasis VGA ( Video Graphic Array) yang merupakan standar output grafik dasar.

2. Hub/ Switch

Hub merupakan sebuah peranti jaringan komputer yang berfungsi untuk menghubungkan peranti-peranti dengan kabel Ethernet atau serat optik agar bersikap sebagai satu petak jaringan (network segment). Pusatan bekerja pada lapisan wujud (lapis 1) dalam acuan OSI (OSI model). Pusatan digunakan untuk mengalir hantarkan data dari penggunalayan (client).

Sedangkan Hub/ Switch merupakan sebuah alat jaringan yang melakukan penjembatan tak tampak (penghubung penyekatan (segmentation) banyak jaringan dengan pengalihan berdasarkan alamat MAC). Switch jaringan dapat digunakan sebagai penghubung komputer atau penghala pada satu area yang terbatas, pengalih juga bekerja pada lapisan taut data (data link), cara kerja pengalih hampir sama seperti jembatan (bridge), tetapi switch memiliki sejumlah porta sehingga sering dinamakan jembatan pancaporta (multi-port bridge).

3. Repeater 

Sesuai dengan arti katanya repeater yaitu pengulang, Repeater ini berfungsi untuk menerima dan menguatkan kembali sinyal yang diterima untuk kembali dipancarkan ke tempat yang lebih jauh. Dengan repeater kita dapat menghubungkan perangkat pada jarak yang berjauhan. repeater tidak mengubah informasi yang di trasmisikan dan repeater tidak dapat menfilter informasi.

Repeater pada umumnya diletakkan disuatu tempat yang tinggi , begitu juga antennanya diletakkan lebih tinggi lagi diatas tower sehingga jangkauan pancaran akan lebih jauh. Semakin tinggi letak repeater, maka akan lebih jauh pula daya jelajahnya. Seringnya repeater diletakkan disuatu lokasi yang  tinggi misalnya di puncak Gunung, atau Bukit , Antennanya pun  di instalasikan ditower yang cukup tinggi.

4. Bridge

Sesuai dengan arti katanya Bridge yaitu jembatan, berfungsi untuk menghubungkan atau menjembatani  dua buah jaringan. Bridge dapat menghubungkan dua jaringan yang memiliki media komunikasi dan topologi jaringan yang berbeda.

Berbeda dengan hub, bridge dapat mempelajari MAC address tujuan. ketika sebuah komputer mengirim data untuk komputer tertentu, bridge akan mengirim data tersebut dengan komputer tujuan saja. namun, ketika belum menemukan port mana yang terhubung dengan komputer tujuan, bridge akan mencoba mengirim pesan broadcast kesemua port (kecuali port komputer pengirim). Setelah port tujuan di ketahui, maka untuk selanjutnya hanya port itu saja yang akan di kirim data.

5. Router

Router adalah sebuah alat yang mengirimkan paket data melalui sebuah jaringan atau Internet menuju tujuannya, melalui sebuah proses yang dikenal sebagai penghalaan. penghalaan adalah sebuah proses untuk meneruskan paket-paket jaringan dari satu jaringan ke jaringan lainnya melalui sebuah antar-jaringan (internetwork)). Proses penghalaan terjadi pada lapisan 3 (Lapisan jaringan seperti Internet Protocol) dari protokol tumpukan (stack protocol) tujuh-lapis OSI.

6. Modem

Modem merupakan singkatan dari modulator demodulator. Fungsi utama dari modem adalah menghantarkan dan menerima data dari sebuah PC ke sebuah PC yang lain melalui jaringan telepon. Modulasi demodulasi dapat diartikan sebagai denyut elektronis dari komputer menjadi suara sehingga dapat dihantarkan melalui jaringan telepon. Dalam akses internet, kecepatan modem sangat memengaruhi kecepatan akses internet. Kecepatan modem yang disyaratkan untuk dapat mengakses internet adalah 28,8 kbps.

Demikianlah artikel tentang Hardware pendukung akses internet. Terima kasih telah berkunjung ke artikel ini. Semoga artikel ini bermanfaat bagi semua orang dan jangan lupa bagikan artikelnya ya...
Share:

0 Post a Comment:

Posting Komentar

1. Sebelum komentar sebaiknya baca dulu isi artikelnya
2. Berkomentarlah dengan baik sesuai dengan isi postingan.
3. Substansi komentar berupa Iklan, Promosi, Link Mati, komentar TIDAK SESUAI dengan isi artikel akan di hapus

POSTINGAN POPULER

SPESIFIKASI DAN HARGA SMARTPHONE VIVO V23 5G - RAM 8GB DI 2022

Smartphone Vivo V23 5G - Kehadiran vivo v23 5G membuat pasar smartphone semakin bersaing. Dengan spesifikasi cukup mumpuni Smartphone ini m...